Senin, 18 Agustus 2014

Kisah Nyata Yang Gue Alami Tentang JobSeeker...!!

Selamat malam untuk para JobSeeker 2014. Ini kisah nyata yang saya alami sendiri didalam proses sebagai para pencari kerja 2014. Seperti para jobseeker pada umumnya, media internet dewasa ini sangat membantu para jobseeker untuk menemukan hal-hal yang berbau dengan lowongan kerja.

Baru-baru ini (15-08-2014) saya tidak sengaja menemukan informasi dari website jobs.chiber.com yang berisi mengenai informasi lowongan PT FreePort Indonesia (PTFI) . Awalnya saya tidak memiliki kecurigaan apa-apa dengan informasi dan posisi apa saja yang dibutuhkan di PTFI ini karena seperti sistem rekrutmen perusahaan pada umumnya yang mensyaratkan mengirimkan CV, IPK>3, dan surat lamaran dan dikirimkan ke email tertentu, biasanya dikirim ke email HRD atau email perusahaan.

Beberapa hari kemudian tepatnya hari ini (18-08-2014), saya mendapatkan SMS yang mengaku MANAGER HRD dari PTFI yang memberikan instruksi perihal panggilan tes yang dikirimkan ke email saya. Kemudian, saya mengecek email masuk dan ternyata memang ada email masuk disitu dari pengirim : HRD Freeport. Ketika saya mendownload dan membuka isi email tersebut, saya kaget karena disitu tertulis bagian yang berisikan :

PESERTA DIWAJIBKAN MELAKUKAN RESERVASI PEMESANAN TICKET (TICKETING) DI TRAVEL YANG SUDAH DISIAPKAN OLEH PERUSAHAAN, SERTA MOBILISASI (PENJEMPUTAN PESERTA DI BANDARA MENUJU KETEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN).

Informasi seperti ini semakin membuat saya curiga bahwa ini merupakan penipuan bermodus baru, yaitu melakukan pemesanan travel yang disiapkan perusahaan. Yang saya tau ya :
1. Dimana-mana kalo mau datang ke tempat tes ya tinggal dateng aja ga pake reservasi tiket di travel yang ditunjuk perusahaan keleussss...
2. Ngapain juga mesti dilakukan penjemputan di bandara? kita-kita bisa mandiri keleus datang langsung kesana, udah kayak raja aja pake dijemput segala.
3. Mengeluarkan biaya inap (hotel) segala ? lo kira mau wisata atau acara Seminar Motivasi/Training???

Mungkin terakhir dari saya buat siapapun para jobseeker, berhati-hatilah dalam melakukan pemilahan ataupun mendapatkan informasi mengenai perusahaan apapun baik BUMN, atau bahkan perusahaan asing. Kadang kita melihat hanya dari satu sisi saja. Banyak oknum yang memanfaatkan momen seperti ini apalagi mengatasnamakan perusahaan tertentu untuk melakukan penipuan. Mohon maaf atas tulisan saya ini, semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.'

(Ahmad Murenda, Teknik Industri Telkom University Angkatan 2010)
Berikut adalah beberapa lampiran hasil capture-an foto yang saya alami sendiri :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar