Senin, 18 Agustus 2014

Because I Am Happy To Be "Ahmad Murenda ,S.T."

Perjuangan...!! seperti kata orang banyak bahwa perjuangan adalah suatu proses yang mesti dilewati untuk mencapai suatu tujuan. Kadang perjuangan itu ga bakalan ada artinya jika tujuannya ga tercapai, itu kata orang banyak.

Selama 1 tahun ini banyak banget lika-liku perjuangan yang mesti gw lewatin. Salah satunya adalah Tugas Akhir atau yang biasa disebut TA. Ini merupakan fase yang mesti lo lewatin buat lo mahasiswa tingkat akhir, begitupun gw. Semuanya Ga berasa banget sejak September 2013 dan akhirnya gw menyelesaikan perjuangan ini pada 11 Agustus 2014. Selama 3 Bulan di awal (September-November 2013) gw lalui hanya untuk mencari perusahaan doang. Modal nekat gw ladenin bareng 3 temen gw (sebut saja A,F, dan N). Lebih dari 10 perusahaan yang kita masukin. Kita menunggu beberapa hari dan ada yang mendapat balasan ada yang tidak mendapat balasan. Berdasarkan yang balasan itu ternyata mereka cuma mau bilang ke kita bahwa mereka ga bisa dijadikan objek penelitian TA. what de f*ck...! Ya namanya perjuangan, lo mesti kerja keras buat dapetin objek perusahaannya.

Seiring berjalannya waktu, tepat 3 bulan gw dapet kabar dari N bahwa dia punya om yang temennya merupakan pemilik dari perusahaan kecil yang berlokasi di Kopo, Soreang. Akhirnya kita ber-4 sung bikin surat pengantar dan langsung mulai ke TKP. Semakin bertambahnya waktu, tepat DI Bulan Desember 2013 gw rasa perusahaan ini ga cocok untuk dijadikan topik lean karena ga bisa dibagi empat dan ruang lingkup nya terlalu kecil. Kemudian kita dapat kabar baik bahwa pemilik perusahaan ini punya temen Seorang Manager Produksi di PT BEP (Beton Elemen Persada). Lokasinya cukup jauh, yaitu cimahi masuk dalam banget. Lebih tepatnya ini uda deket-deket padalarang. Subhanallah ya tidak apa-apa lah ya di terjang saja. Selama lebih kurang kita uda 20 hari disini berangkat pagi pulang petang seminggu 2 kali bahkan setiap pagi kita selalu mengalami basah karena hujan yang turun deras sekali. Seiring 20 hari itu, ternyata ga bisa diterapkan ber-4 cuma bisa 1 orang aja. dan kita ber-4 pun ga jadi buat penelitian disini.

Dikampus ternyata ga cuma kelompok gw doang yang bermasalah di TA karena hingga Desember 2013 belum ngerjain apa-apa, belum dapet perusahaan, belum bikin bab 1, bab 2, bahkan bab 3. Astagfirullah.kan psalah satu perusahaan yang bergerak, Beberapa hari kemudian,ada kabar dari bu widya bahwa doi nawarin sekitar 6 judul topik penelitian tentang 5S di PT. Dirgantara Indonesia. Akan tetapi, bukannya gw sombong tapi ya emang ga tertarik di PT.DI ., Ga tau kenapa gw masih banget minat di pabrik tekstil. Berhari-hari gw minta bantuan teman gw, sebut saja salah satu namanya adalah Eka. Doi yang udah nolongin gw agar gw bisa dapetin perusahaan tekstil.

PT. Mahameru Centratama Spinning Mills, Yappp...! Perusahaan berskala Internasional yang memproduksi benang hingga kain grey berwarna-warni inilah tempat penelitian TA gw. Gw berharap diawal semoga ini tempat terakhir bagi gw supaya gw bisa fokus ngerjain TA. Perjalanan gw buat ngerjain TA juga ga gampang. Walaupun di semester 8 gw baru fokus mau ngerjain TA, di semester 7 nya bisa dibilang gw gabut kaga ngapa-ngapain masih berkutat sama perusahaan dan masih menjabat di kopma. Di Semester akhir ini gw bertekad bahwa ini akan menjadi semester terakhir bagi gw supaya gw bisa fokus ngerjain TA walaupun ada rutinitas gw yang lain di Lab sama di AsDos. Pasti gw yakin bet bahwa gw bisa ngatur waktu semua yang super duper sibuk.

Perjalanan gw untuk melewati TA ini tak semulus yang diharapkan. Kadang gw dihadapi pada sulitnya perizinan pada perusahaan, peraturan yang super duper ketat diperusahaan. Bahkan ada saja orang perusahaan yang suka caper, bahkan suka mempermasalahkan hal sepele, memperlakukan gw sebelah mata (mahasiswa). Yaudah mau gimana lagi, namanya juga gw butuh perusahaan ini buat penelitian TA gw, ya mau ga mau makan hati jg uda biasa buat gw.

Gw seminar proposal sekitar akhir Mei 2014 dan Alhamdulillah gw bisa sidang di Agustus 2014. Ga banyak kata yang bisa gw sampaikan. Banyak orang di sekeliling gw yang banyak membantu gw, tempat sharing gw, main bareng, bahkan melakukan aktivitas yang rutinitas bareng. Semua ini gw persembahkan buat kedua orang tua gw yang selalu memberikan semangat untuk ga menyerah sampai pada titik akhir. Pada akhirnya, Agustus menjadi bulan terindah bagi gw, bulan yang sangat berarti bagi gw. Perjalanan panjang gw menuju gelar S.T ga sia-sia. 


Wisuda November I'm Coming...!!!
JoobSeeker I'm Coming...!!!
Kampung Inggris Pare I'm Coming...!!!
Kuliah S2 I'm Coming...!!!






Semoga dengan gelar ini semakin membuat gw sadar bahwa kita jangan cepat puas akan sesuatu, tetaplah berkarya, tetaplah belajar, tetaplah bekerja untuk hari esok yang lebih indah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar