Minggu, 14 September 2014

Gaya-gayaan Belajar Di Kampung Inggris 2014

Mendengar namanya saja, setiap orang pasti bakalan mengira bahwa kampung inggris adalah  kampung yang isinya bule-bule mancanegara yang menetap di Indonesia yang membuat komunitas orang bule yang mungkin mereka takut diintimidasi karena menjadi minoritas di Indonesia. Oh ternyata lebay juga ya ? hahahaha.


Tapi.....!! Semua itu salah hahaha.


Kampung inggris berada di Kabupaten Kediri, tepatnya di Desa Pare Kecamatan Tulungrejo, Kediri JawaTimur. Langkah kaki gw memutuskan untuk pergi ke tempat yang sudah sangat terkenal ini karena gw yang ingin memenuhi syarat IELTS gw untuk beasiswa Jerman 2015 gw dan TOEFL untuk syarat bekerja. Seperti yang lo semua tau bahwa zaman sekarang kalo mau kerja aja mesti ada syarat TOEFL segala, apalagi yang kalo mau S2 di Luar Negeri pasti syaratnya kalo ga IELTS ya palingan TOEFL IBT.

Gw berangkat ke Kampung inggris tanggal 24 Agustus kemarin dari Bandung bareng temen gw namanya didi (kaya merk shampo), doi anaknya pecicilan, sok kecakepan, dan yang paling dikenal cewe-cewe bahwa doi ini orangnya ganjen. Tapi emang iya sih beneran ganjen. Jarak tempuhnya lumayan jauh, sekitar 13-14 jam perjalanan dengan menggunakan kereta ekonomi. Kalo ada temennya sih gapapa dah naik kereta apa aja, tapi kalo sendiri kadang suram mau naik ekonomu sendirian.hahaha.

Menikmati perjalanan malam adalah pilihan tepat buat lo para penggemar naik Kereta, karena kalo siang apalagi naik ekonomi mau jadi apa lo, ya walaupun sekarang uda ada AC nya sih hehee, sedikit nyaman lah ya. Kalo lo uda nyampe kediri, perjalanan lo belum kelar keleus. Lo mesti keluar Stasiun Kediri dan berjalan lebih kurang 1 km kearah KETOS (Kediri Town Square), abis itu lo cari angkot warna coklat yang tulisannya "Kediri-Pare" atau masyarakat di Kediri biasanya menyebut dengan nama Angkot P, karena dibagian depan body angkot ada tulisan huruf P nya. 

Dari Stasiun Kediri menuju Desa Pare cukup jauh, lebih kurang jarak tempuhnya adalah 40 menit. Ongkos yang lo keluarin adalah Rp 20.000 dan itu sudah harga umum. Oleh karena itu, lo jangan sok kaya deh ngeluarin duit lebih buat bayar ongkos angkot hahahaha.

Kalo uda nyampek kawasan kampung inggris jangan kaget, karena ada lebih kurang 20 Lembanga bimbingan belajar Bahasa Inggris. Biasanya sih orang-orang sini pilihnya ya OXFORD, Global English, Elfast, MAHESA Institute dan masih banyak lagi lembaga yang kece-kece dan hebat parah. Mereka semua membuka paket English sesuai dengan kebutuhan calon peserta didik nya, mulai dari Speaking, Vocabulary, Grammar, Toefl, IELTS, atau mungkin Listening. Dan masih banyak lagi deh jenis program apa aja yang mau lo ambil. Hahahaha.

Disini gw ngambil lembaga les bahasa inggris yang namanya Global English. Gw pilih ini berdasarkan rekomendasi Mr.Umar yang notabenenya beliau adalah tutor les english gw pas di Bandung kemarin. Gw ngambil program Les+Camp dan gw bertemu dengan orang-orang baru di camp. Ada yang baru tamat SMA, ada yang udah tamat Kuliah kaya gw, ada yang bahkan udah kelar S2 dan ingin melanjutkan S3 di Amerika. Ada Anas, Daru, Dhimas, Eddy, Majid, Berlian, Mr Guvrin, Hendrianto, Awal, Saiful, dan masih banyak lagi temen-temen yang asalnya dari luar jawa. 

Niat gw yang semula pengen mengambil durasi Les selama 1 bulan sirna seketika karena hanya dalam waktu 2 minggu gw uda bisa menggapai apa yang ingin gw capai, yaitu TOEFL diatas 500. Semuanya butuh perjuangan, ga ada yang instan sih sebenarnya. Asalkan lo mau belajar dan mau berusaha. Kadang ada kalanya lo bakalan merasa putus asa terhadap sesuatu, sama termasuk gw. Gw sempat putus asa ga yakin bakalan bisa mencapai target. Tapi percayalah sama kemampuan lo. Lo itu lebih hebat daripada apa yang lo pikirkan. Terkadang, dari keputusasaan itu bakalan ngebuat lo bangkit lagi untuk menjalani hari-hari lo yang penuh dengan perjuangan.

Menghabiskan 2 minggu di Kampung Inggris emang ga berasa banget. Tiap hari kerjaannya Les, makan siang bareng, makan ketan susu, makan di Cafe 2 in 1, makan di Cafe Pecel, Nemenin didi main billiard, Makan ice cream di Cafe Ice 2 Ice, Nemenin gina beli Al-quran, ikut program subuh di camp, ikut program malam di camp, yasinan, meetup seluruh peserta didik GE Course, Beli buku 5cm, Tidur, baca buku TOEFL, berenang, keliling malam-malam naik sepeda, abis itu ya gitu-gitu aja kerjaannya disini.hahahaha. Kadang kepikiran juga lebih banyak mainnya daripada belajarnya ya. Tapi alhamdulillah bisa tercapai juga apa yang diinginkan dengan usaha, kerja keras, serta ikhtiar kepada ALLAH SWT.

2 minggu ini berlalu. Gw harus melanjutkan hidup gw demi orang-orang di sekeliling gw. Makasih banget Kampung Inggris yang uda mengenalkan gw dengan kehidupan yang cukup di desa. Disini gw belajar banyak tentang artinya hidup sederhana dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Makasih buat Mr.Adra yang udah jadi tentor gaul yang ngebuat gw bisa mencapai hasil seperti sekarang. Makasih juga buat temen-temen les Toefl Kelas A yang uda menjadi keluarga sementara selama 2 minggu kemarin, sungguh banyak cerita canda tawa kita yang telah kita ukir selama 2 minggu kemarin.

Dan mereka itu baik, tapi mereka telah memilih jalan hidupnya masing-masing. Dan gw suatu saat bakalan merindukan kalian semua. Semoga setiap langkah kita selalu berada dijalan yang baik.

Global English Course

WE LOVE GLOBAL E.... YES WE CAN CHECK IT OUT
UNTIL TOMORROW.... YES WE CAN CHECK IT OUT
ENGLISH FOREVER.... YES WE CAN CHECK IT OUT
YES WE LOVE IT...
YES WE CAN... 

"THANK YOU GLOBAL ENGLISH"

1 komentar: